ULASAN2 - The Apple v. Samsung Lawsuit

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang Hak Kekayaan Intelektual yang dihubungkan dengan isu Apple yang menuduh Samsung menggunakan yang paten-paten milik Apple. Isu tersebut bersumber dari video berjudul "The Apple v. Samsung Lawsuit" yang diunggah oleh kanal TechnoBuffalo. Video yang telah ditonton lebih dari 148.000 kali tersebut dapat diakses melalui URL https://youtu.be/M0nHKdSehDQ dan memiliki durasi 6 menit 39 detik.


Pada tahun 2012, Apple menuntut Samsung ke pengadilan untuk memberhentikan penjualan beberapa produknya di pasar Amerika Serikat karena telah melanggar paten yang dimiliki Apple. Tiga paten utama yang dituntut Apple adalah rotasi layar, desain Galaxy Tab 10.1 yang mirip dengan iPad, dan kinetic scroll dari iPhone. Selain itu, Apple juga menuntut Samsung untuk membayar 2.5 Milyar Dolar sebagai ganti rugi paten yang telah ditiru. Tidak hanya hal yang sudah disebutkan di ats, Apple juga memiliki paten atas mekanisme unlock iPhone, grid aplikasi iPhone, dan masih banyak lainnya. Apple memiliki hak untuk mempertahankan semua paten-patennya, namun dalam video tersebut ditanyakan, apakah perlu Apple menuntut semua tentang paten-patennya?

Menurut saya, video ini adalah sebuah contoh pembelajaran tentang Hak Kekayaan Intelektual yang ada. Isu tersebut dapat menjadi contoh bagaimana sebuah perusahaan mempertahankan paten yang dimilikinya. Namun dapat disimak, bahwa pembuat video terkesan kurang suka atas perilaku Apple yang terkesan berlebih-lebihan dalam mempertahankan patennya. Kesimpulannya, video tersebut dapat menjadi contoh yang baik dalam pembelajaran tentang HKI di dunia yang sesungguhnya.

Github Account: imrachbini
URL Video: https://youtu.be/M0nHKdSehDQ (6:39)
Pemetaan: week02 (HKI)
Revisi Pertama: 20 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

RANKING07

RANKING00